by

Jadwal Perjalanan Haji Plus 1439 H Ar-Risalah

Risalah Tour & Travel – Rencana Perjalanan Haji Tahun 1439H/2018M disusun dengan masa operasional pemberangkatan dan pemulangan masing-masing selama 30 hari dan masa tinggal Jemaah Haji di Arab Saudi maksimal 41 hari, setelah pemerintah Arab Saudi menetapkan besarnya kuota jemaah haji Indonesia. berikut ini Jadwal Perjalanan Calon Jama’ah Haji Plus Ar-Risalah di Madinah dan di Makkah :

HARI  1 : Jakarta – Madinah

Ahad, 29 Juli 2018 M

16 Dzul Qaidah 1439 H

  1. Jama’ah berkumpul di kantor Risalah Tour Pukul 05.30 WIB dengan memakai seragam yang telah ditentukan untuk mengikuti upacara pelepasan.
  2. Jama’ah menuju bandara Soekarno-Hatta dengan bus yang telah disediakan oleh Travel, berkumpul di terminal 3 Ultimate Pukul 07.00 WIB pagi sebelum keberangkatan, dan akan bergabung dengan rombongan jama’ah Haji dari Makasar.
  3. Pembagian paspor, gelang identitas, buku panduan perjalanan dan jaket almamater.
  4. Pukul 11.00 WIB dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim jama’ah berangkat menuju Madinah by Saudia Airlines dengan no. penerbangan  SV 825. Selama dalam pesawat jama’ah dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, berdo’a dan istirahat.

MADINAH

Setibanya di Bandara Amir Muhamad Madinah pukul 18.20 WAS, proses imigrasi biasanya memakan waktu antara 3–4 jam, harap ingat (terutama bagi suami-istri) pintu masuk bagi jama’ah laki-laki dan perempuan dipisah dan mempunyai jalur tersendiri, jadi dokumen dan kunci koper dipegang masing-masing, selesai proses imigrasi persiapan menunggu bis yang akan membawa rombongan jama’ah haji ke Madinah.

Perjalanan ke hotel memakan waktu + 1 jam, tiba di Hotel Movenpick Madinah, selanjutnya memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi.

Hari Ke – 2 s/d 4 : Madinah

Senin, 30 Juli  s/d Rabu, 1 Agustus 2018 M

17 s/d 19 Dzul Qaidah 1439 H

  • Mulai Arbain dimulai dari sholat Shubuh atau Dzuhur (Sholat Arba’in adalah Sholat Fardhu berjama’ah sebanyak 40 waktu tanpa putus di Masjid Nabawi).
  • Ziarah ke Makam Rasulullah SAW dan kedua sahabatnya yaitu Sayyidina Abu Bakar As-Shiddiq r.a dan Sayyidina Umar Bin Khatab r.a dilanjutkan dengan ziarah mihrab-mihrab Nabawi, Sulaiman, Utsmani, Tahajjudi dan Majidi, ziarah ini dapat dilakukan khusus bapak-bapak, bagi ibu-ibu waktunya dari jam 07.00 pagi sampai jam 11.00 siang, dan jam 13.00 siang sampai jam 15.00 sore dan lepas sholat Isya hingga jam 00.00, tempat sholat untuk bapak-bapak dan ibu-ibu di Masjid Nabawi terpisah, sholat dua raka’at di Raudhah, dalam salah satu Hadist Rasulullah SAW bersabda:

“Antara rumahku dengan mimbarku adalah           Raudhah      Taman) di antara taman–taman surga“

  • Masuk masjid baik Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram ada nama dan nomor pintu, tempat-tempat meletakkan sandal juga bernomor di kedua masjid tersebut. Sandal dimasukkan ke tas sandal masing-masing dan dibawa masuk ke dalam masjid untuk lebih amannya.
  • Minum–minuman yang di Jack adalah air Zam-zam, ada yang dingin dan ada yang biasa.

 

Hari Ke – 5 : Madinah

Kamis,  2 Agustus 2018 M             

20 Dzul Qaidah 1439 H

  1. Setelah makan pagi + pukul 07.00 WAS, jama’ah akan dibawa untuk melaksanakan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah tempat-tempat yang dikunjungi  antara lain :
  • MASJID QUBA, Masjid yang didirikan Rasulullah SAW saat Beliau tiba di Quba waktu Hijrah, 6 km barat daya Madinah, sebaiknya kita masih punya wudhu dan sholat sunah di sana.
  • MASJID QIBLATAIN, sebuah masjid yang mempunyai dua buah kiblat yaitu tempat di mana Rasulullah SAW dan sahabatnya diperintahkan Allah agar berpindah kiblat sholat dari menghadap Baitul Maqdis (di Palestina) ke Arah Baitullah AL-HARAM di Makkah.
  • JABAL UHUD, sebuah bukit bersejarah yaitu perang Uhud, terletak 5 km dari pusat kota, di sini ada kuburan para syuhada Uhud diantaranya : Hamzah Bin Abi Thalib (Asadullah= Singa Allah) paman dari Rasulullah SAW yang gugur di saat peperangan.
  • KHANDAQ/MASJID SAB’AH, Khandaq berarti parit, dan di tempat ini dikenal dengan penggalian parit yang dilakukan oleh pasukan Rasulullah SAW, atas ide dari sahabat SALMAN AL-FARITSI, dalam usaha untuk mempertahankan Madinah dari serangan Kafir Quraisy di setiap tempat pertahanan didirikan masjid sampai tujuh masjid, maka juga disebut Masjid Sab’ah/Tujuh.
  • KEBUN KURMA, kita akan melihat kebun kurma sambil berteduh di bawahnya, kita bisa minum kopi Arab, teh hangat dengan Ni’nak atau yang lainnya.

 

Hari Ke 6 s/d 7: Madinah    

Jum’at, 3 s/d Sabtu, 4 Agustus 2018 M

21 s/d 22 Dzul Qaidah 1439 H

Sholat 5 waktu berjama’ah serta memperbanyak dzikir, itikaf dan membaca Al-Qur’an di Masjid Nabawi

 

Hari Ke – 8 s/d 9 : Madinah  

Ahad, 5 s/d Senin, 6 Agustus 2018 M

23 s/d 24 Dzul Qaidah 1439 H

Sholat 5 waktu berjama’ah serta memperbanyak Dzkir, I’tikaf dan membaca Al-Qur’an di Masjid Nabawi.

 

Hari Ke – 10 : Madinah – Makkah    

Selasa, 7 Agustus 2018 M

25 Dzul Qaidah 1439 H

Sebelum sholat Dzuhur dan makan siang jama’ah      disunahkan mandi ihram di kamar masing–masing, selanjutnya memakai kain ihram tanpa niat, selesai sholat Dzuhur dan makan siang rombongan jama’ah haji melanjutkan perjalanan menuju Makkah by Bus AC singgah di Bir Ali untuk mengambil Miqat dengan melakukan sholat sunah 2 rakaat (sendiri-sendiri) lalu niat ihram dan membaca Talbiyah bersama-sama dibimbing oleh ustadz. Setibanya di Makkah transfer hotel Movenpick, kemudian melaksanakan Umrah.

Penyempurnaan Umrah Thawaf, Sa’i, dan Tahallul  akan diatur oleh petugas dan akan diberitahukan kepada jama’ah pada saatnya tiba, setelah tahallul jama’ah diperbolehkan     untuk melepas ihram dan mengenakan pakaian biasa akan tetapi tetap Islami.

Hari Ke – 11 s/d 12 : Makkah,        

Rabu, 8 s/d Kamis, 9 Agustus 2018 M                                             

26 s/d 27 Dzul Qaidah 1439 H

Selama di Makkah jama’ah dianjurkan untuk beri dah sebanyak-banyaknya di Masjidil Haram, sholat wajib 5 waktu, Thawaf Sunah, I’tikaf dan membaca Al-Qur’an, dianjurkan    untuk sholat wajib datangnya paling lambat dilakukan kurang dari 30 menit sebelum adzan, lebih awal jauh lebih baik.

Hari Ke – 13 : Makkah    

Jum’at, 10 Agustus 2018 M

28 Dzul Qaidah 1439 H

Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram diisi dengan sholat wajib 5 waktu, Thawaf Sunah, I’tikaf dan membaca Al-Qur’an.

 

Hari Ke – 14 : Makkah    

Sabtu, 11 Agustus 2018 M

29 Dzul Qaidah 1439 H

Setelah makan pagi + pukul 07.00 WAS, jama’ah akan dibawa untuk melaksanakan ziarah ke tempat–tempat         bersejarah di Makkah.

Tempat–tempat yang dikunjungi antara lain Jabal Tsur, Masjid Namirah, Muzdalifah, Mina, Jabal Nur, diakhiri di Ji’ronah untuk mengambil miqat. Jama’ah yang ingin melaksanakan Umrah Sunnah (Umrah kedua) membawa     pakaian ihram. Bagi yang mau melaksanakan Umroh dan  mandi ihrom di kamar hotel.

Hari Ke –15 s/d 17 : Makkah

Ahad, 12 s/d Selasa, 14 Agustus 2018 M

1 s/d 3 Dzul Hijjah 1439 H

Sholat 5 waktu sangat padat dihadiri baik penduduk     Makkah lebih–lebih jama’ah haji, oleh karena itu dianjurkan pergi ke Masjidil Haram 2 jam sebelum waktu sholat tiba.

Memperbanyak ibadah di Masjidil Haram diisi dengan    sholat wajib 5 waktu, Thawaf Sunah, I’tikaf dan membaca      Al-Qur’an.

Hari Ke – 18 : Makkah – Rumah Singgah 

Rabu, 15 Agustus 2018 M

4 Dzul Hijjah 1439 H

Setelah sholat Dhuha sekitar jam 10 pagi jama’ah menuju Rumah Singgah dengan menggunakan bus, tiba di Rumah Singgah perbanyak istirahat untuk persiapan di MINA dan WUKUF ARAFAH (jama’ah berada di rumah singgah selama 4 malam, dari hari ke 18 s/d hari ke 22, Rabu, tgl 15 s/d Ahad 19 Agustus 2018).

 

Hari Ke – 19 s/d 21: Rumah Singgah

16 s/d Sabtu, 18 Agustus 2018 M

 5 s/d 7 Dzul Hijjah 1439 H

Memperbanyak istirahat, sholat di masjid lingkungan dan sholat 5 waktu berjama’ah/masing–masing serta mendengarkan ceramah agama.

Hari Ke – 22 : Rumah Singgah – Mina – Arafah     

Ahad, 19 Agustus 2018 M

8 Dzul Hijjah 1439 H

Setelah makan pagi berangkat ke Mina untuk melakukan hari Tarwiyah di Mina. Di sini mulai Niat Haji.

Hari Ke – 23 : Arafah – Mudzalifah – Makkah     

Senin, 20 Agustus 2018 M

9 Dzul Hijjah 1439 H

Rombongan menuju Padang Arafah sekitar pukul 00.00. Insya Allah jama’ah tiba di Arafah sebelum shubuh, sholat shubuh berjama’ah atau sholat shubuh berjama’ah di Arafah.

Perbanyak Dzikir, Istighfar, Do’a dan membaca Al-Qur’an.

Saat Sholat Dzuhur tiba (dimulainya wukuf) Sholat Dzuhur dan Ashar (Jama’ Taqdim Qashar) dilanjutkan dengan Khutbah Arafah, Dzikir, dan Do’a bersama.

Susunan Acara       : Imam Sholat Dzuhur dan Ashar (Jama’ Taqdim Qashar)

Khutbah Arafah      : Drs. H. Amirullah Amri

Do’a Bersama         : H. Taufik Faizin

                               

Kegiatan dilanjutkan dengan do’a secara perorangan,    Dzikir sampai menjelang Maghrib, tingkatkan Dzikir dan Do’a baik untuk diri sendiri, anak, suami, istri, orang tua maupun untuk bangsa dan negara baik menyangkut keduniaan maupun keakhiratan, karena pada saat wukuf inilah puncak haji dan tiada Dzikir atau Do’a yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT dengan syarat ikhlas dan khusyu’.

Menjelang Maghrib bersiap–siap menuju Mudzalifah untuk Mabit.

Sholat Maghrib dan Isya (Jama’ Taqdim Qashar) di Arafah. Mengumpulkan/memungut batu kecil/kerikil untuk melontar Jumroh :

  • Tgl 21 Agust/10 Dzulhijjah Aqobah :

7 x 1 x 1 =  7

  • Tgl 22 Agust/11 Dzulhijjah Ula, Wustho, Aqobah:

7 x 1 x 3 = 21

  • Tgl 23 Agust/12 Dzulhijjah Ula, Wustho, Aqobah:

7 x 1 x 3 = 21

  • Tgl 24 Agust/13 Dzulhijjah Ula, Wustho, Aqobah:

7 x 1 x 3 = 21

Lontaran bisa berubah disesuaikan dengan tgl Dzul Qaidah

Hari Ke – 24 : Makkah – Mina  

Selasa, 21 Agustus 2018 M

10 Dzul Hijjah 1439 H

Jama’ah akan meninggalkan Mudzalifah sekitar jam 02.00 menuju Makkah untuk Thawaf Ifadah, Sa’i dan Tahallul,    kembali ke tenda di Mina.

Jama’ah yang memerlukan kursi roda harap melapor ke pimpinan rombongan, biaya ditanggung oleh jama’ah masing–masing.

Karena kita Haji Tamattu maka setiap dari kita harus   membayar Dam (seekor kambing) ditanggung masing–masing atau jama’ah dapat puasa 3 hari di dalam waktu haji dan 7 hari di tanah air atau puasa 10 hari di tanah air.

 

Hari Ke – 25 s/d 26 : Mina  

Rabu, 22 s/d Kamis, 23 Agustus 2018 M

11 s/d 12 Dzul Hijjah 1439 H

Melontar Jumroh Ula, Wustho, Aqobah masing–masing 7 batu. Bagi yang tidak mampu melontar dapat diwakilkan.

Selama Mabit, Sholat Fardhu 5 waktu dilaksanakan       berjama’ah dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif dan     ceramah agama yaitu Ba’da Shubuh, Dzuhur, Maghrib.

Bagi jama’ah yang ingin melaksanakan korban dapat menghubungi Ustadz/Guide atau pihak penyelenggara.

 

Hari Ke – 27 : Mina – Rumah Singgah         

Jum’at, 24 Agustus 2018 M

13 Dzul Hijjah 1439 H

Setelah melakukan Nafar Tsani, jama’ah berangkat menuju Makkah by bus untuk melaksanakan Thawaf Wada’. Selesai Thawaf Wada’ jama’ah melanjutkan perjalanan menuju Makkah by bus, Menuju Rumah Singgah di Makkah.

Hari Ke –28 s/d 31: Rumah Singgah

Sabtu, 25 s/d Selasa 28 Agust 2018 M

14 s/d 17 Dzul Hijjah 1439 H

Memperbanyak istirahat, sholat di masjid lingkungan dan sholat 5 waktu berjama’ah/masing–masing serta mendengarkan ceramah agama.


Hari Ke – 32 : Rumah Singgah – Jeddah 

Rabu, 29 Agustus 2018 M

18 Dzul Hijjah 1439 H

Setelah Sarapan Pagi Jamaah Berkemas Menuju Jeddah By.Bus, singgah di Masjid terapung (Laut Merah) dan shopping di Balad, selesai shopping menuju ke hotel Grand Al Saha.

 

Hari Ke – 33 : Jeddah – Jakarta 

Kamis, 30 Agustus 2018 M

19 Dzul Hijjah 1439 H

Pagi hari acara bebas. Barang yang akan dibagasikan terpisah dengan

Tentengan/HandBags (yang masuk cabin) karena akan ditimbang 1 hari sebelum keberangkatan. Setelah check out hotel rombongan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Pukul 19.05 By Saudia (SV 816) jama’ah take off menuju Jakarta.

 Hari Ke – 34 : Jakarta 

Jum’at, 31 Agustus 2018 M

 20 Dzul Hijjah 1439 H

Pada hari ini rombongan Insya Allah tiba di Jakarta pukul 09.00 WIB, selanjutnya pengambilan barang bagasi, dan menuju kantor Risalah Tour & Travel. Insya Allah sampai   kantor pukul 12.00 WIB untuk mengikuti upacara penyerahan kepada keluarga.

Usailah Perjalanan Haji PT. RISALAH TOUR & TRAVEL     Bersama PT. FARFAZA, semoga menjadi Haji yang Mabrur. Amin Ya Robbal Alamin.

Comment